Suatu kebahagian tersendiri , akhirnya penulis dapat menyusun buku yang bertujuan sebagai pengantar para pemerhati pendidikan untuk menguasai konsep-konsep dasar penilaian pendidikan. Sesuai dengan tujuanya, buku ini disusun cukup komprehensif walaupun pemaparan konseptualnya belum maksimal. Penyusunan buku ini dilatarbelakangi oleh pemberlakuan kebijakan pemerintah dalam evalua…
Seiring dengan kemajuan yang cukup pesat di bidang pendidikan, pembelajaran dengan konvensional berupa guru yang aktif sedangkan siswa pasif mendengarkan tanpa berbuat, sudah tidak lagi relevan dengan dunia pendidikan saat ini, strategi pembelajaran bermunculan guna merubah perilaku siswa yang pasif. Pembelajaran dengan strategi C dan J berbantuan CD pembelajaran penulis munculkan dalam penelit…
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: Perbandingan nilai fungsi informasi item tes pada bentuk tes uraian dan bentuk objektif secara empirik .Data empirik diambil dari respons siswa terhadap tes bentuk uraian dan bentuk pilihan ganda dari 535 siswa SMA kelas X dari SMK Negeri I Adiwerna Kabupaten Tegal. Bentuk tes uraian dan pilihan ganda bersama-sama diberikan pada siswa waktu te…