Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI UD. AS SPORT
Yeni Farida. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di UD. AS Sport. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di UD. AS Sport.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah, terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di UD. AS Sport.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Dokumentasi dan Kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Korelasi Rank Spearman, Uji Hipotesis Korelasi Rank Spearman, dan Analisis Koefisien Determinasi.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman diperoleh nilai rs atau rsxy sebesar 0,601. Nilai rsxy sebesar 0,601 lalu diintepretasikan dengan tabel interpretasi nilai r berada pada interval 0,600 – 0,799. Hal itu artinya hubungan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan tergolong kuat. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman diperoleh nilai rs atau rsxy sebesar 0,601. Nilai rsxy sebesar 0,601 lalu diintepretasikan dengan tabel interpretasi nilai r berada pada interval 0,600 – 0,799. Hal itu artinya hubungan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan tergolong kuat. Hubungan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan bersifat positif artinya apabila Kualitas Layanan meningkat maka Kepuasan Pelanggan akan meningkat pula. Sebaliknya apabila Kualitas Layanan menurun maka menurun pula Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan hasil cetak SPSS diperoleh nilai sig. (2 Tailed) 0,000 < 0,01. Hal tersebut dapat diartikan ada hubungan yang signifikan antara Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi, kontribusi yang diberikan variabel Kualitas Layanan (X) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) di UD. AS Sport Tegal memperoleh hasil r2 x 100 % = 49,9 %. Koefisien determinasi sebesar 49,9 % tersebut mengandung arti bahwa 49,9 % variasi dari variabel Kualitas Layanan disekitar rata-ratanya dijelaskan oleh hubungan antara variabel Kualitas Layanan dengan Kepuasan Pelanggan di UD. AS Sport Tegal, sedangkan sisanya yang 50,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
4108502885 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain