Skripsi
Pengaruh Kepercayaan Diri dan Intensitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian untuk Pokok Materi Peluang Pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Pengaruh, Kepercayaan Diri, Intensitas Belajar Siswa, Pembelajaran Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar Matematika.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat serta kurangnya peningkatan kepercayaan diri dan intensitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan (1) adanya pengaruh kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika (2) adanya pengaruh intensitas belajar siswa dalam pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika, dan (3) adanya pengaruh kepercayaan diri dan intensitas belajar siswa dalam pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Semester Genap SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 344 siswa dengan teknik sampling acak berarea (Cluster Random Sampling) secara undian. Diperoleh sampel kelas XIAK2 sebanyak 45 siswa sebagai kelas uji coba serta kelas XIAK3 dan XIAK4 sebanyak 85 siswa sebagai kelas eksperimen. Variabel yang diteliti adalah kepercayaan diri (X1) dan intensitas belajar siswa (X2) sebagai variabel bebas, sedangkan hasil belajar matematika (Y) sebagai variabel terikat. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh positif antara kepercayaan diri dalam pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Semester Genap SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012 pada pokok materi peluang yang memperoleh persentase 56,38% dengan kriteria sedang, (2) ada pengaruh positif antara intensitas belajar siswa dalam pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Semester Genap SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012 pada pokok materi peluang yang memperoleh persentase 65,93% dengan kriteria tinggi, dan (3) ada pengaruh positif antara kepercayaan diri dan intensitas belajar siswa dalam pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Semester Genap SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012 pada pokok materi peluang yang memperoleh persentase hasil belajar sebesar 68,55% dengan kriteria tinggi.
1708501331 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain