Skripsi
THE EFFECTIVENESS OF ACCELERATED LEARNING IN THE ENGLISH TEACHING LEARNING PROCESS TO THE FOURTH GRADE STUDENTS An experimental study in SD Negeri Panggung 02 Tegal Timur District Tegal City in Academic Year 2010/2011
Kata Kunci: Accelerated Learning dan Proses mengajar bahasa Inggris
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan Accelerated Learning dalam proses mengajar bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri Panggung 02 Kota Tegal.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut: penggunaan metode Accelerated Learning memberikan pengaruh yang lebih positif dibandingkan dengan tidak menggunakan Accelerated Learning dalam prose mengajar bahasa Inggris siswa kelas IV SD.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Panggung 02 Kota Tegal dan SD Negeri Banjaran 03, dengan jumlah populasi sebanyak 60 siswa. Penulis menggunakan 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Setiap kelompok terdiri dari 30 siswa.Kelompok pertama adalah siswa yang diajar dengan menggunakan Accelerated Learning dan kelompok kedua adalah siswa yang tidak diajar dengan menggunakan Accelerated Learning.
Penulis menggunakan tes sebagai instrumen penelitian. Tes tersebut membutuhkan waktu 1 x 35 menit. Jenis tes yang diberikan adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan A, B, C, D. untuk mengetahui reliabilitas dan validitas dari instrumen, penulis telah mengujicobakan instrumen dengan memberikan tes tersebut kepada 30 siswa yang memiliki kemampuan yang sama dengan sampel penelitian.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes bahasa Inggris yang diberikan kepada sampel penelitian Analisa data dari penelitian ini dihitung dengan rumus uji-t. berdasarkan dari hasil analisis data, diperoleh t-hitung adalah 3,3886. Pada taraf signifikansi 0,05 %, diperoleh t-tabel sebesar 2,045. Yang berarti, t-hitung lebih besar daripada t-tabel (3,3886 >2,045). Hal ini menunjukkan proses mengajar bahasa Inggris dengan menggunakan Accelerated Learning pada siswa kelas IV SD memberikan pengaruh yang lebih positif dibandingkan dengan tidak menggunakan Accelerated Learning( Communicate Method).
Penulis ingin memberikan saran kepada guru yang mengajar bahasa inggris untuk menggunakan Accelerated learning sebagai alat untuk meningkatkan prestasi siswa
1607501630 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain