Skripsi
HUBUNGAN KEMITRAAN DAN PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PENGGUNA JASA KSU DRI MUAMALAT KABUPATEN TEGAL
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hubungan kemitraan terhadap pengguna jasa 2) untuk mengetahui hubungan pelayanan terhadap pengguna jasa dan 3) untuk mengetahui hubungan kemitraan dan pelayanan secara simultan/ bersamaan berpengaruh terhadap pengguna jasa.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, riset perpustakaan, dan kuesioner. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Rank Spearman, uji hipotesis korelasi Rank Spearman, uji korelasi berganda, uji signifikansi koefisien korelasi berganda, dan koefisien determinasi.
Dari hasil perhitungan korelasi Rank Spearman variabel kemitraan (X1) dengan Kepuasan pengguna jasa (Y) diperoleh hasil korelasi sebesar 0,517. Yang artinya hubungan antara kemitraan (X1) dengan Kepuasan pengguna jasa (Y) tergolong sedang. Berdasarkan hasil uji signifikansi koefisien korelasi pada taraf signifikansi 0,05, diperoleh nilai sig. 0,000, yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kemitraan dengan kepuasan pengguna jasa. Dari perhitungan diperoleh hasil korelasi sebesar 0,651. yang artinya hubungan antara pelayanan (X2) dengan Kepuasan pengguna jasa (Y) KSU Dinar Rakhmat Insani Muamalat Kecamatan Talang Kabupaten Tegal tergolong kuat. Berdasarkan hasil uji signifikansi koefisien korelasi pada taraf signifikansi 0,05, diperoleh nilai sig. 0,000, yang berarti ada hubungan yang signifikan antara pelayanan dengan kepuasan pengguna jasa. Dari hasil perhitungan korelasi berganda diperoleh hasil R sebesar 0,671. yang artinya hubungan kemitraan (X1), dan pelayanan (X2) secara bersama-sama dengan kepuasan pengguna jasa (Y) KSU Dinar Rakhmat Insani Muamalat Kecamatan Talang Kabupaten Tegal tergolong kuat. Dari hasil perhitungan uji signifikansi koefisien korelasi berganda di atas pada taraf signifikansi 0,05 didapat nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima maka hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa “Diduga terdapat hubungan yang signifikan kemitraan dan pelayanan dengan kepuasan pengguna jasa KSU Dinar Rakhmat Insani Muamalat Kecamatan Talang Kabupaten Tegal terbukti kebenarannya. Besarnya koefisien determinasi berdasarkan analisis dengan program SPSS yaitu sebesar 0,451 Dengan demikian berarti total variasi kepuasan pengguna jasa KSU Dinar Rakhmat Insani Muamalat Kecamatan Talang Kabupaten Tegal yang dijelaskan model hubungan antara variabel kepuasan pengguna jasa dengan variabel kemitraan dan pelayanan adalah sebesar 45,1 % sedangkan 54,9 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak bisa dijelaskan dalam penelitian ini
4108502849 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain