Skripsi
OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DI TERMINAL KOTA TEGAL
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saya yang mempengaruhi optimalisasi pelayanan publik di terminal Kota Tegal.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui pelayanan yang dilakukan Dinas Perhubungan di Terminal Kota Tegal.
2. Untuk mengetahui optimalisasi pelayanan publik di Terminal Kota Tegal.
3. Untuk mengetahui kendala dalam optimalisasi pelayanan publik di Terminal Kota Tegal.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan mekanisme optimalisasi pelayanan publik di terminal Kota Tegal dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi serta menjadi kendala dalam optimalisasi pelayanan publik di terminal Kota Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis berupa observasi, wawancara dan dokumenter.
Analisis data yang digunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah bersifat deskriptif, yaitu analisis data yang menggunakan penggambaran atas gejala dan kondisi yang ada yang diwujudkan dalam keterangan-ketarangan sesuai dengan keadaan dan hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang penulis lakukan di lapangan.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa optimalisasi pelayanan publik di terminal Kota Tegal belum optimal, hal ini dapat dilihat dari keluhan pengguna jasa terminal tentang sarana dan prasarana terminal seperti: ruang pelayanan yang ada di terminal Kota Tegal kurang memadai, kursi untuk tempat duduk pengantar maupun penunggu kendaraan masih kurang memadai, kebersihan MCK yang kurang bagus. Keluhan juga datang dari awak bus yang mengungkapkan bahwa pengelola terminal tidak memberikan sanksi yang tegas terhadap pelanggaran-pelanggaran yang ada. Selain itu petugas terminal juga tidak memperlakukan sama antara bus yang satu dengan bus yang lain. Sehingga dapat di gambarkan bahwa himbauan-himbauan optimalisasi pelayanan publik hanya terpampang pada slogan-slogan yang tertulis pada spanduk-spanduk dan famlet-famlet.
Saran yang dapat disampaikan diharapkan pengelola terminal selalu mengevaluasi kinerja petugas dalam optimalisasi pelayanan publik di Terminal Kota Tegal sehingga dapat dijadikan sebagai masukan bagi dinas terkait guna peningkatan optimalisasi pelayanan publik di terminal Kota Tegal.
Kata Kunci : Optimalisasi Pelayanan Publik
021090501369 | ARI o | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain