Skripsi
EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PELAJARAN IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI IV RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Pendekatan Keterampilan Proses, Dalam Pelajaran IPS Terhadap Prestasi Belajar siswa
Masalah yang dapat dirumuskan adalah Apakah pendekatan keterampilan proses dalam pelajaran IPS efektif meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VIII di SMP Negeri IV Randudongkal Kabupaten Pemalang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan keterampilan proses dalam pelajaran IPS efektif meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP NEGERI IV Randudongkal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri IV Randudongkal
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri IV Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 189 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri IV Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa adalah 189, kemudian diambil siswa untuk sampel yang terdiri dari kelas VIII E sebanyak 39 siswa untuk kelas kontrol dan kelas VIII C sebanyak 39 siswa untuk kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian pada kelas eksperimen dapat diperoleh skor tes adalah 3,190, dan rata-rata skor tes mencapai 81,80, sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol dapat diperoleh skor tes adalah 2,890, dan rata-rata skor tes mencapai 74,10. Dari hasil perhitungan t-tes diketahui angka perolehan nilai thitung = 4,184. Nilai thitung dikonsultasikan dengan ttabel, dengan taraf signifikan sebesar 5% maka ttabel = 1,992 ternyata hasil thitung > ttabel. Disimpulkan bahwa rerata skor prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri IV Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 yang diberi perlakuan media pembelajaran pendekatan keterampilan proses lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri IV Randudongkal Kabupaten Pemalang yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Dengan penggunaan media pembelajaran pendekatan keterampilan proses dalam pelajaran IPS diharapkan siswa dapat lebih semangat dan lebih aktif dalam mengikuti mata pelajaran IPS.
01308500504 | KUR e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain