Skripsi
ANALISIS KINERJA PADA PUSAT-PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN DENGAN PENDEKATAN PERFORMANCE PRISM PADA PT. POS. INDONESIA CABANG TEGAL
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan kinerja manajer pusat pertanggung jawaban PT. Pos Indonesia cabang Tegal antara pendekatan perusahaan dengan pendekatan performance prism.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif.
Dari hasil survey kepada karyawan PT. Pos Indonesia Cabang Tegal, diperoleh hasil indeks pelaksanaan akuntansi pertanggungjawaban sebesar 998. Sehingga, dari hasil ini penerapan akuntansi pertanggungjawaban dapat dikategorikan Baik. Penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang dilaksanakan di PT. Pos Indonesia Cabang Tegal dikategorikan baik karena berada pada interval 871 – 1075. Dengan target nilai performansi yang ingin dicapai oleh pihak PT. Pos Indonesia yaitu sebesar 8 dari skala 10 atau dapat dikatakan sebesar 80%, perolehan nilai performansi PT. Pos Indonesia yang diukur menggunakan metode pengukuran kinerja Performance Prism menunjukkan 6,817 dari skala 10 (atau 68,17%). Terdapat perbedaan pengukuran kinerja antara metode yang ditetapkan PT. Pos Indonesia dengan metode performance prism. Pada pengukuran kinerja yang selama ini diterapkan perusahaan, hanya menilai pertanggung jawaban yang bersumber dari dalam perusahaan yaitu penilaian kinerja manajer pusat pertanggungjawaban. Sedangkan dengan menggunakan metode performance Prism, pengukuran kinerja perusahaan dilihat identifikasi kebutuhan, strategi, proses kapabilitas dan kontribusi dari stakeholder. Pengukuran kinerja dengan menggunakan metode performance Prism lebih menyeluruh mengukur kinerja perusahaan sesuai dengan kapabilitas dan kontribusi dari stakeholder.
Kata kunci : Kinerja, Akuntansi Pertanggung Jawaban dan Performance Prism
04309500687 | SET a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain