Skripsi
PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KARDINAH KOTA TEGAL
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penilaian kinerja Rumah sakit Umum Daerah Kardinah dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuesioner dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Penilaian Kinerja Perpektif Keuangan, Penilaian Kinerja Perspektif Pelanggan, Penilaian Kinerja Perspektif Internal Bisnis, Penilaian Kinerja Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan dan Cara Pengukuran dengan Menggunakan Balanced Scorecard
Dari hasil penelitian diatas yaitu Perspektif Keuangan Kinerja RSUD Kardinah dilihat dari perspektif keuangan dengan menggunakan instrumen rasio ekonomis, rasio efisiensi, dan rasio efektifitas. Dari perspektif keuangan ini secara umum RSUD Kardinah masih kurang baik karena belum sesuai dengan standar yang ditentukan. Kinerja RSUD Kardinah dilihat dari perspektif pelanggan dengan indikator kepuasan pasien dan akuisisi pasien. Hal ini terlihat dari diperolehnya hasil indeks kepuasan pasien sebesar 3.898. Dan secara umum menunjukkan bahwa akuisisi atas pasien baru sudah dalam kategori baik. Kinerja RSUD Kardinah dilihat dari perspektif internal bisnis dengan indikator BOR (Bed Occupancy ratio), ALOS (Average Length of Stay), dan GDR (Gross Death Rate). Untuk GDR (Gross Death Rate) dan ALOS (Average Length of Stay) belum baik sedangkan BOR (Bed Occupancy ratio) sudah baik dan tidak adanya jasa atau pelayanan baru di RSUD Kardinah. Kinerja RSUD Kardinah dilihat dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan indikator kepuasan karyawan, retensi karyawan, dan employee training. Untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan RSUD Kardinah sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari kepuasan karyawan yang merasakan kepuasan selama mereka bekerja di RSUD Kardinah, retensi karyawan dari tahun ketahun jumlah karyawan semakin meningkat, hal ini menunjukkan bahwa RSUD Kardinah semakin mampu untuk mempertahankan karyawannya. Program employee training juga selalu meningkat setiap tahunnya. Hasil pengukuran kinerja secara keseluruhan dari RSUD Kardinah terdapat pada daerah cukup, dengan skor total 0. Artinya, Kinerja RSUD Kardinah cukup baik apabila dinilai dengan pendekatan Balanced Scorecard.
Kata kunci : balanced scorecard, tolok ukur penilaian kinerja
04112500173 | WIB p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain