Skripsi
HUBUNGAN BRAND IMAGE DAN KUALITAS LAYANAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN KARTU IM3 PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hubungan brand image dengan loyalitas pelanggan kartu IM3, 2) untuk mengetahui hubungan kualitas layanan dengan loyalitas pelanggan kartu IM3, 3) untuk mengetahui hubungan brand image dan kualitas layanan secara bersama-sama dengan loyalitas pelanggan kartu IM3.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) terdapat hubungan yang signifikan antara brand image dengan loyalitas pelanggan kartu IM3 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti. 2) terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dengan loyalitas pelanggan kartu IM3 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti. 3) terdapat hubungan yang signifikan antara brand image secara bersama-sama dengan loyalitas pelanggan pada kartu IM3 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman dan analisis korelasi berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan 1) Hubungan brand image dengan loyalitas pelanggan bersifat positif dan tidak signifikan, dibuktikan dengan nilai rs 0,216 dan nilai sig. 0,053 > 0,05. Hubungan lemah karena nilai rs berada pada rentang 0,20 – 0,399. Sedangkan arah hubungan bersifat positif artinya apabila brand image semakin baik, maka tingkat loyalitas pelanggan semakin tinggi. Sebaliknya jika brand image semakin buruk, maka tingkat loyalitas pelanggan semakin turun. 2) Hubungan kualitas layanan dengan loyalitas pelanggan bersifat positif dan tidak signifikan, dibuktikan dengan nilai rs 0,194 dan nilai sig. 0,083 > 0,05. Hubungan sangat lemah karena nilai rs pada rentang 0,00 – 0,199. Sedangkan arah hubungan bersifat positif artinya apabila brand image semakin baik, maka tingkat loyalitas pelanggan semakin tinggi. Sebaliknya jika kualitas layanan semakin buruk, maka tingkat loyalitas pelanggan semakin turun. Hipotesis tidak terbukti kebenarannya, karena hipotesis menduga terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dengan loyalitas pelanggan. 3) Hubungan brand image dan kualitas layanan secara bersama-sama dengan loyalitas pelanggan bersifat positif dan signifikan, dibuktikan dengan nilai R 0,284 dan nilai sig. 0,038 < 0,05. Hubungan lemah karena nilai Rberada pada rentang 0,20 – 0,399. Sedangkan arah hubungan bersifat positif artinya apabila brand image dan kualitas layanan secara bersama-sama semakin baik, maka tingkat loyalitas pelanggan semakin tinggi. Sebaliknya apabila brand image dan kualitas layanan secara bersama-sama semakin buruk, maka tingkat loyalitas pelanggan semakin turun.
04110500006 | NUG h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain