Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Ajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori, 2) Manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan pembelajaran ekspositori, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Tegal. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori, 2) Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) lebih efektif daripada pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika.
01710500042 | HAN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain