Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SRARE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X DI SMK TUNAS KARYA COMAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share), kemampuan analisis siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Tunas Karya Comal tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 244 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil dengan cluster sampling. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas x TSM SMK Tunas Karya Comal yang berjumlah 43 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share ternyata efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK Tunas Karya Comal tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung sebesar 10,27 ternyata lebih besar daripada t_tabel pada taraf signifikan 5% = 2,018. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan analisis siswa dengan model pembelajaran Think-Pair-Share adalah 77, sedangkan nilai rata-rata kemampuan analisis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share yakni model pembelajaran konvensional adalah 69. Kesimpulannya, kemampuan analisis siswa setelah menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share pada mata pelajaran kewirausahaan lebih baik dibandingkan sebelumnya saat masih menggunakan model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk selalu memperhatikan materi yang disampaikan guru, serta mengikuti proses pembelajaran dari awal sampai akhir dengan baik sesuai dengan model dan metode yang diterapkan. Pihak guru disarankan untuk menerapkan metode/model pembelajaran yang tepat untuk meningkat hasil belajar khususnya pada kemampuan analisis siswa. Pihak sekolah disarankan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengembangkan model pembelajaran agar siswa lebih dapat meningkatkan hasil belajarnya.
01310500022 | ERF e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain