Skripsi
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN BERITA DI TELEVISI TERHADAPKEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kebiasaan Menyimak Tayangan Berita di Televisi, Kemampuan Menulis Teks Berita.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meyakinkan pengaruh yang paling kuat antara motivasi belajar dan kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi terhadap kemampuan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMA, yaitu sebanyak 500 orang yang diambil dari dua sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 50 peserta didik dari dua sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi belajar lebih rendah pengaruhnya daripada kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi terhadap kemampuan menulis berita dengan tingkat pengaruhnya sebesar 13,9%. Kemudian diketahui kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi berpengaruh kuat terhadap kemampuan menulis teks berita dengan tingkat pengaruhnya sebesar 27,4%. Selain itu diketahui pula ada pengaruh yang kuat antara motivasi belajar dan kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi terhadap kemampuan menulis teks berita dengan tingkat pengaruh sebesar 35%.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik agar lebih meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan kebiasaan menyimak tayngan berita di televisi untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita. Guru hendaknya menerapkan kepada peserta didik agar mereka lebih meningkatkan motivasi belajardan kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi sehingga kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita semakin meningkat.
01510500128 | EST p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain