Skripsi
KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP PRESTASIBELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIKBERDASARKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK (Study Eksperimen terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS Semester II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Team Assisted Individualization, Prestasi Belajar matematika, Keaktifan
Prestasi belajar matematika peserta didik di kelas XI IPS SMA N 1 Balapulang masih rendah. Sehingga perlu adanya modifikasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Apakah pembelajaran model Team Assisted Individualizationlebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, (2) Apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan tinggi yang diajari dengan menggunakan model pembelajaranTeam Assisted Individualizationlebih baik daripada yang diajari dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) Apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan sedang yang diajari dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization lebih baik daripada yang diajari dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (4) Apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan rendah yang diajari dengan menggunakan model pembelajaranTeam Assisted Individualizationlebih baik daripada yang diajari dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 155 peserta didik, Pengambilan sampel menggunakan clucter random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah63peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t satu pihak kanan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran model Team Assisted Individualizationlebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, (2) Prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan tinggi yang diajari dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization lebih baik daripada yang diajari dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan sedang yang diajari dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualizationtidak lebih baik daripada yang diajari dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (4) Prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan rendah yang diajari dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualizationtidak lebih baik daripada yang diajari dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
01710500132 | BUD k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain