Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII MTs NU Sunan Kalijaga Kaliwadas Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran generatif, , Motivasi Belajar Matematika, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan : 1) adanya perbedaan prestasi dan motivasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran generatif dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, 2) model pembelajaran generatif lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika di MTs NU Sunan Kalijaga Pelajaran 2012/2013 Pada Materi Segitiga dan Segiempat.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs NU Sunan Kalijaga Pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran generatif, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi dan motivasi belajar matematika peserta didik kelas VII MTs NU Sunan Kalijaga Pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian berupa angket berbentuk rating scale terdiri dari 35 butir pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta tes dalam bentuk pillihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Setelah data terkumpul, lalu dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat antara lain uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Ragam Multivariate Satu Arah (One-way - MANOVA) kemudian dilanjutkan dengan menggunakan T2-Hotelling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) adanya perbedaan prestasi dan motivasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran generatif dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, 2) model pembelajaran generatif lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika di MTs NU Sunan Kalijaga Pelajaran 2012/2013 Pada Materi Segitiga dan Segiempat.
17095012770 | AKH k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain