Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFULL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Tarub pada Materi Segiempat Tahun Pelajaran 2014/2015)
NURJANAH, TITIN. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Meaningfull Instructional Design terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika (Suatu Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Tarub pada Materi Segiempat Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Munadi, M.Si.,
Pembimbing II Drs.Ponohardjo, M.Pd.
Kata Kunci : Minat Belajar, Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Meaningfull Instructional Design.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan :(1) Model pembelajaran Meaningfull Instructional Design lebih efektif bila dibandingkan dengan model pembelajaran Ekspositori terhadap minat belajar peserta didik kelas VII semester 2 SMP Negeri 1 Tarub, (2) Model pembelajaran Meaningfull Instructional Design lebih efektif bila dibandingkan dengan model pembelajaran Ekspositori terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII semester 2 SMP Negeri 1 Tarub, (3) model pembelajaran Meaningfull Instructional Design lebih efektif dibandingkan dengn model pembelajaran Ekspositori terhadap minat dan prestasi belajar peserta didik kelas VII semester 2 SMP Negeri 1 Tarub.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Tarub Tahun Pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian adalah model pembelajaran Meaningfull Instructional Design (MID), sedangkan variabel terikatnya adalah minat siswa dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, tes dan angket. Instumen penelitian berupa tes dan angket. Tes dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 alternatif jawaban sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran soal. Analisis data menggunakan uji t dan MANOVA yang sebelumnya telah diuji dengan uji Normalitas dan uji Homogenitas.
Hasil penelitian yaitu (1) Model pembelajaran Meaningfull Instructional Design (MID) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap minat siswa, (2) Model pembelajaran Meaningfull Instructional Design (MID) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika, (3) Model pembelajaran Meaningfull Instructional Design (MID) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap minat siswa dan prestasi belajar matematika pada materi segiempat siswa kelas VII SMP N 1 Tarub tahun pelajaran 2014/2015.
17115000950 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain