Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI POKOK SEGITIGA (Suatu Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Talang Kabupa
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization (TAI), LKS, Gaya Belajar, Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI melalui pemanfaatan LKS dengan peserta didik yang diajar secara Ekspositori. (2) Untuk mengetahui mana yang lebih baik antara prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model TAI melalui pemanfaatan LKS dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori di tinjau dari gaya belajar kinestetik. (3) Untuk mengetahui mana yang lebih baik antara prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI melalui pemanfaatan LKS dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori di tinjau dari gaya belajar auditori.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 2 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan angket gaya belajar yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan uji lanjut komparasi ganda metode scheffe .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model TAI melalui pemanfaatan LKS dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori. (2) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model TAI melalui pemanfaatan LKS lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari gaya belajar kinestetik. (3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori tidak berbeda dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model TAI melalui pemanfaatan LKS ditinjau dari gaya belajar auditori.
17115001170 | FIT k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain