Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Pokok Bahasan Segi Empat Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017)
LESTANTO, MUHAMMAD SALAM. 2017, “Keefektifan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Pokok Bahasan Segi Empat Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017)” Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd
Pembimbing II , Moh. Shaefur Rokhman, M.Si
Kata kunci : Keefektifan, Model Contextual Teaching and Learning, Motivasi, Prestasi belajar.
Pendidikan merupakan sebuah indikator penting untuk mengukur kemajuan sebuah bangsa. Jika sebuah bangsa ingin ditempatkan pada pergaulan dunia dalam tataran yang bermartabat dan modern, maka yang pertama-tama harus dilakukan adalah mengembangkan pendidikan yang memiliki relevansi dan daya saing bagi seluruh anak bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Model CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih efektif dari pada model konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Comal Kabupaten Pemalang Tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan segi empat.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Comal Kabupaten Pemalang semester II tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 253 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random sampling. Kelas VII A sebagai kelas uji coba, kelas VII E dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, kelas VII B dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Instrumen telah teruji validitas dan reabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji analisis varians multivariat satu arah dan τ^2-Hotteling.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Model CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih efektif dari pada model konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Comal Kabupaten pemalang Tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan segi empat.
17135000610 | LES k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain