Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 01 Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Khusus
Akbar, Romi. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Matematika Peserta didik (Studi Eksperimen Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Khususnya Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 01 Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si, M.Pd. Pembimbing II Drs. Ponohardjo, M.Pd.
Kata Kunci :Keefektifan, Problem Posing tipe Post Solution Posing, Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik.
Kegiatan belajar mengajar pasti terdapat beberapa kelemahan yang mempengaruhi prestasi dan minat belajar siswa, misalnya saja minat dan prestasi belajar matematika sebagian siswa di SMP Negeri Pagerbarang yang masih tergolong rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing telah mencapai nilai KKM, 2) Model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, 3) Model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar matematika peserta didik, 4) Adanya perbedaan setelah diajar dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika peserta didik, 5) Model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 01 Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 357 siswa. Dari populasi diambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sample atau sampel bertujuan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan Angket. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji Proporsi satu pihak kanan,
uji t satu pihak kanan, MANOVA dan ��2 – Hotelling.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) prestasi belajar matematika peserta
didik dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing melampaui KKM, 2) model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, 3) model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap minat belajar matematika peserta didik, 4) ada perbedaan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika peserta didik, 5) model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika peserta didik.
17135000090 | AKB k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain