Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP DENGAN TEKNIK CARD-SORT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP N 1 Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 Pokok Bahasan Perbandingan)
MAULANA, ROHMAN. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Pencapain Konsep dengan Teknik Card-Sort Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Kersana Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Materi Perbandingan)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd
Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd
Kata Kunci: Model Pembelajara Pencapain Konsep , Model Pembelajaran Card-Sort, Pemahaman Konsep Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Teknik Card-sort dengan model pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika,2)kemampuan pemahaan konsep matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Teknik Card-sort lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Ekspositori di SMP Negeri 1 Kersana KabupatenBrebes Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Kersana Kabupaten BrebesTahun pelajaran 2016/2017 terdiri atas 9 kelas sebanyak 326peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H dan VII I sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII D dan VII E sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t Dua Pihak dan uji-t Pihak Kanan, yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Adanya perbedaan pada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Pencapaian Konsep dengan pendekatan Teknik Card-sortdengan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan model Ekspositori 2) Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Pencapain Konsep dengan Teknik Card-sort lebih baik dibandingkan dengan Kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik yang menggunakan model Ekspositori di SMP Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017.
17135000590 | MAU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain