Skripsi
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING-PROMTING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Materi Pokok Persamaan linier dua variabel Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pe
Kata Kunci: Efektivitas, Model pembelajaran Kooperatif tipe Probing-prompting , pendekatan Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-promting dengan Pendekatan Kontekstual dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematika , 2) kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-prompting dengan Pendekatan Kontekstual lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2016/2017 terdiri atas 9 kelas sebanyak 324 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G sebanyak 36 peserta didik dan VIII H sebanyak 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII C sebanyak 36 peserta didik dan VIII D sebanyak 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t Dua Pihak, yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik yang menggunakan model Kooperatif tipe Probing-Prompting dengan pendekatan kontekstual dan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik yang menggunakan model Konvensional 2) Kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik yang menggunakan model Kooperatif tipe Probing-Prompting dengan pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan Kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik yang menggunakan model Konvensional di SMP Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017.
17135000710 | WAH e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain