Skripsi
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PENGELOLA DENGAN LOYALITAS ANGGOTA PADA KPRI “SINAR MURNI” JATIBARANG KABUPATEN BREBES
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Anggota
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan positif dan signifikan Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Anggota KPRI “SINAR MURNI” Jatibarang Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan KPRI “SINAR MURNI” Jatibarang Kabupaten Brebes sebanyak 423 orang. Selanjutnya sejumlah 81 anggota dijadikan sampel penelitian yang diambil dengan teknik insidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana dan uji-r.
Hasil perhitungan diketahui persamaan hasil uji-r diketahui bahwa rhitung=0,306 dan dikonsultasikan dengan rtabel untuk N=81dengan tingkat kesalahan 5% sebesar=0,220. Karena rhitung> rtabel yaitu 0,306 >0,220, dan hasil uji t diketahui bahwa thitung = 2,854 selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan ttabel untuk N = 81 dengan tingkat kesalahan 5% adalah 1,664 karena diketahui thitung = 2,854 > ttabel = 1,664 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini berarti terdapat hubungan yang poaitif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Anggota KPRI “SINAR MURNI” Jatibarang Kabupaten Brebes.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada KPRI “SINAR MURNI” untuk lebih meningkatkan Kualitas Pelayanan sehingga kepuasan pelanggan akan tercapai, yang akan berdampak positif pada meningkatnya Loyalitas Anggota guna kemajuan koperasi tersebut.
13135000210 | PUR h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain