Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN HAFALAN APLIKASI TEKSTUAL-KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN PESERTA DIDIK Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelaja
Kata Kunci: keefektifan, metode pembelajaran, hafalan aplikasi tekstual-kontekstual, keaktifan, prestasi belajar matematika
Prestasi belajar matematika peserta didik kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan sebagian masih ada yang belum mencapai nilai KKM. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik untuk lebih aktif. Upaya yang dapat digunakan adalah penerapan metode pembelajaran hafalan aplikasi tekstual-kontekstual. Penelitian ini bertujuan : (1) Mendeskripsikan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan metode hafalan aplikasi tekstual-kontekstual dengan media alat peraga yang nilainya lebih dari atau sama dengan 75 melampaui 32%. (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran hafalan aplikasi tekstual-kontekstual dengan media alat peraga dengan peserta didik yang diajar secara konvensional. (3) Mendeskripsikan manakah yang lebih efektif antara pembelajaran menggunakan metode hafalan aplikasi tekstual-kontekstual dengan media alat peraga dengan pembelajaran secara konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari keaktifan tinggi. (4) Mendeskripsikan manakah yang lebih efektif antara pembelajaran secara konvensional dengan pembelajaran menggunakan metode hafalan aplikasi tekstual-kontekstual dengan media alat peraga terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari keaktifan rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 428 pesera didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposing sample yang akan diambil kelas dengan guru yang sama kemudian dilanjutkan Cluster Random Sampling yang terdiri atas 138. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) serta uji –t satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan metode hafalan aplikasi tekstual-kontekstual dengan media alat peraga yang nilainya lebih dari atau minimal 75 melampaui 32%. (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan metode hafalan aplikasi tekstual-kontekstual dengan media alat peraga dengan pembelajaran yang diajar secara konvensional. (3) Prestasi belajar yang diajar menggunakan metode hafalan aplikasi tekstual-kontekstual dengan media alat peraga lebih baik dari pada pembelajaran yang diajar secara konvensional ditinjau dari keaktifan tinggi. (4) Prestasi belajar yang diajar menggunakan metode hafalan aplikasi tekstual-kontekstual dengan media alat peraga lebih baik dari pada pembelajaran yang diajar secara konvensional ditinjau dari keaktifan rendah.
17135000540 | SAR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain