Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X DI SMK SATYA PRAJA 1 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019
Qomariyah, Nofi. 2019. “Keefektifan Metode Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi pada Siswa Kelas X SMK Satya Praja 1 Petarukan Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. H. Burhan Eko P, M.Hum. Pembimbing II Lely Triana, S.S., M.Pd
Kata Kunci: Menulis Argumentasi, metode Auditory Intellectually Repetition (AIR), Siswa SMK.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karangan argumentasi menggunakan dan yang tanpa metode Auditory Intellectually Repetition (AIR). Selain itu, untuk mengetahui “keefektifan metode Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMK Satya Praja 1 Petarukan tahun pelajaran 2018/2019”.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK Satya Praja 1 Petarukan yang berjumlah 325 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif menggunakan uji statistik yaitu uji t non independen dan uji t independen.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan menulis karangan argumentasi dengan menggunakan metode pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perbandingan antara hasil pretesdan postesantara kedua kelas tersebut. Hasil pretes pada kelas eksperimen dalam menulis karangan argumentasi siswa memperoleh rata-rata 64,825, sedangkan untuk postes sebanyak 72,25. Peningkatan menulis karangan argumentasi pada siswa dapat dilihat dari hasil postes yang mengalami peningkatan sebanyak 7,425. Pada kelas kontrol menulis karangan argumentasi untuk pretes siswa memperoleh rata-rata 59,4 sedangkan untuk postesnya yaitu 64,85. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung ≥ ttabel atau = 2,6 ≥ 1,66 yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya metode Auditory Intellectually Repetition (AIR) efektif dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMK Satya Praja 1 Petarukan.
Saran dalam penelitian ini, hendaknya proses belajar mengajar dapat mempergunakan metode Auditory Intelectually Repetition ini sebagai salah satu metode yang dapat diterapkan secara efektif dan dapat memberikan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.
15145000480 | QOM k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain