Skripsi
EVALUASI KEPUASAN MASYARAKAT (PASIEN) TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DASAR PUSKESMAS GRATIS
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepuasan masyarakat (pasien) terhadap kualitas pelayanan kesehatan dasar puskesmas gratis yang diberikan oleh Puskesmas I Tegal Timur Kota Tegal dan faktor-faktor apa saja yang menghambat dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan dasar puskesmas gratis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat (pasien) terhadap pelayanan kesehatan dasar puskesmas gratis di Puskesmas I Tegal Timur Kota Tegal dan untuk mengetahui kendala-kendala atau faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan dasar puskesmas gratis.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan tujuan untuk menjelaskan, menggambarkan dan mengukur secara tepat tingkat kepuasan masyarakat (pasien) terhadap pelayanan kesehatan dasar puskesmas gratis di Puskesmas I Tegal Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi/kepustakaan, wawancara/interview dan questioner/angket. Dengan populasi penelitian Kepala Puskesmas I Tegal Timur beserta jajarannya yang terlibat dalam pelayanan kesehatan dasar puskesmas gratis dan responden/pasien pengguna layanan kesehatan dasar puskesmas gratis dengan teknik sampel Sampling Kuota dan Teknik Simple Random Sampling yang selanjutnya dilakukan analisa.
Berdasarkan hasil analisa seluruh indikator Evaluasi Kepuasan Masyarakat (pasien) terhadap Pelayanan Kesehatan Dasar Puskesmas Gratis di Puskesmas I Tegal Timur Kota Tegal berada pada kisaran nilai 1,7 sampai dengan 2,3 yaitu sebesar 2,20 yang menunjukan bahwa tingkat kepuasan masyarakat (pasien) memuaskan.
Saran untuk peneliti lain yang berminat, perlu diteliti tentang pengaruh pelayanan kesehatan dasar puskesmas yang digratiskan terhadap tingkat kesehatan atau pola hidup sehat masyarakat.
X1300032 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain