ttabel = 2,576 yang berarti pada taraf signifikan 1 % kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Tingkat keeratan hubungan antara variabel kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan konsumen yaitu sebesar 0,678 dan dikategorikan kuat positif. Hasil uji ? dari nilai rS menunjukkan perolehan zhitung = 9,131 > ttabel = 2,576 yang berarti pada taraf signifikan 1 % kualitas pelayanan berkorelasi kuat positif dan signifikan dengan kepuasan konsumen. Sedangkan dari hasil perhitungan determinasi dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan konsumen Hotel Kudus Permata Slawi sebesar 45,97 %. Sedangkan sisanya sebesar 54,03 % merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain di luar variabel amatan. Melihat adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, maka hendaknya pihak manajemen Hotel Kudus Permata Slawi perlu untuk meningkatkan kualitas unsur-unsur kualitas pelayanan seperti reliability, responsiveness, assurance, tangibles, dan empathy guna mengupayakan kepuasan konsumen secara maksimal. Perlu ditingkatkannya pendidikan dan latihan bagi karyawan, khususnya karyawan front office baik in house training, out house training, seminar, maupun kursus guna meningkatkan keterandalan karyawan dalam melayani konsumen." />