ttabel = 2,576 yang berarti pada taraf signifikan 1 % kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Tingkat keeratan hubungan antara variabel kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan konsumen yaitu sebesar 0,678 dan dikategorikan kuat positif. Hasil uji ? dari nilai rS menunjukkan perolehan zhitung = 9,131 > ttabel = 2,576 yang berarti pada taraf signifikan 1 % kualitas pelayanan berkorelasi kuat positif dan signifikan dengan kepuasan konsumen. Sedangkan dari hasil perhitungan determinasi dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan konsumen Hotel Kudus Permata Slawi sebesar 45,97 %. Sedangkan sisanya sebesar 54,03 % merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain di luar variabel amatan. Melihat adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, maka hendaknya pihak manajemen Hotel Kudus Permata Slawi perlu untuk meningkatkan kualitas unsur-unsur kualitas pelayanan seperti reliability, responsiveness, assurance, tangibles, dan empathy guna mengupayakan kepuasan konsumen secara maksimal. Perlu ditingkatkannya pendidikan dan latihan bagi karyawan, khususnya karyawan front office baik in house training, out house training, seminar, maupun kursus guna meningkatkan keterandalan karyawan dalam melayani konsumen." />
Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus pada Hotel Kudus Permata Slawi)
Edi Priharyanti, Indah. NPM : 4106502634. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus pada Hotel Kudus Permata Slawi). Pembimbing I : Jaka Waskito, S.E.M.Si., Pembimbing II : SUMARNO, S.E. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2009.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : "Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen ?". Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Kudus Permata Slawi.
Penelitian ini merupakan penelitian kasus. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh konsumen yang memakai jasa Hotel Kudus Permata Slawi. Sedangkan sampel yang diambil sejumlah 100 orang responden/pemakai jasa Hotel Kudus Permata Slawi. Teknik Pengambilan sampel dilaksanakan secara tidak acak (nonrandom sampling) melalui teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier, analisis korelasi rank spearman, dan analisis koefisien determinasi.
Dari hasil pelaksanaan penelitian di Hotel Kudus Permata Slawi diketahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Hotel Kudus Permata Slawi yang tercermin pada persamaan regresi linier : Y = 26,208 + 0,591 X menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji ? dari persamaan regresi tersebut menunjukkan perolehan zhitung = 9,381 > ttabel = 2,576 yang berarti pada taraf signifikan 1 % kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Tingkat keeratan hubungan antara variabel kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan konsumen yaitu sebesar 0,678 dan dikategorikan kuat positif. Hasil uji ? dari nilai rS menunjukkan perolehan zhitung = 9,131 > ttabel = 2,576 yang berarti pada taraf signifikan 1 % kualitas pelayanan berkorelasi kuat positif dan signifikan dengan kepuasan konsumen. Sedangkan dari hasil perhitungan determinasi dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan konsumen Hotel Kudus Permata Slawi sebesar 45,97 %. Sedangkan sisanya sebesar 54,03 % merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain di luar variabel amatan.
Melihat adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, maka hendaknya pihak manajemen Hotel Kudus Permata Slawi perlu untuk meningkatkan kualitas unsur-unsur kualitas pelayanan seperti reliability, responsiveness, assurance, tangibles, dan empathy guna mengupayakan kepuasan konsumen secara maksimal.
Perlu ditingkatkannya pendidikan dan latihan bagi karyawan, khususnya karyawan front office baik in house training, out house training, seminar, maupun kursus guna meningkatkan keterandalan karyawan dalam melayani konsumen.
X1300219 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain