t1/2 ? yaitu 16,45 > 2,021, jadi yang benar adalah H1 (variabel X dan variabel Y berkorelasi) dengan kata lain semakin meningkat pelayanan akan meningkatkan pula kepuasan nasabah. Hasil persentase pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah di PD. BPR BKK Taman Cabang Watukumpul adalah 75,1%, yang berarti bahwa 75,1% keragaman total variable kepuasan di sekitar rata-ratanya dijelaskan oleh hubungan antara pelayanan dengan kepuasan nasabah. Sedangkan sisanya sebesar 24,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan. Saran dalam penelitian ini kepala PD. BPR BKK Taman Cabang Watukumpul, agar lebih memberi dorongan kepada para pegawai untuk memaksimalkan pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Untuk lebih meyakinkan tentang hasil yang diperoleh melalui penelitian ini, perlu diadakan penelitian lanjut pada faktor diluar pelayanan yang mempengaruhi kepuasan nasabah di PD. BPR BKK Taman Cabang Watukumpul." />